nternet (interconnection-networking) merupakan sebuah jaringan besar
yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang
menghubungkan para pengguna komputer diseluruh dunia, lewat telepon,
satelit atau bisa juga dengan sistem-sistem komunikasi yang lain.
Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari
seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar,
audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.
Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu
Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal
sebagai TCP/IP.
Pengertian internet secara umum adalah kumpulan jaringan
komputer yang terhubung baik secara langsung ataupun tidak langsung
(Nirkabel) antara satu perangkat ke perangkat lainnya yang bertujuan
untuk pertukaran data menggunakan protokol TCP/IP, internet tidak hanya
komunikasi antar perangkat komputer, melainkan juga perangkat lainnya
seperti mobile device dan bahkan berbagai bentuk peralatan lainnya.
Pengertian atau definisi Intranet
Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP
layaknya internet hanya saja penggunaannya lebih dibatasi atau lebih
tertutup jadi tidak semua orang dapat secara mudah mengakses intranet
dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk dan menggunakan
intranet. Hal ini bertujuan untuk menjaga sebuah informasi yang penting
agar tidak semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah.
Biasanya intranet di gunakan dalam internal perusahaan, kantor, Intranet
kemeperin, bahkan WARNET dapat juga di golongkan sebagai intranet.
Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya
melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi
jarak jauh
Keuntungan atau kelebihan menggunakan intranet
1. Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi lebih cepat,
menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya,
serta mengakses database yang diperlukan.
2. Perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan cepat
dari pada memberikan informasi melalui email kepada setiam karyawan.
3. Memungkinkan komunikasi efektif baik secara vertikal (atasan-bawahan)
maupun horizontal (karyawan-karyawan) sehingga para karyawan akan
selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh
organisasi/perusahaannya.
4. Memungkinkan data-data organisasi/perusahaan dapat diakses secara muda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar